Pembeda
|
BEHAVIOR
|
KOGNITIVE
|
Tokoh
|
Pavlov,Watson,Skinner,Hull dan Gutrie
|
Piaget, Bruner,Ausubel
|
Pengertian belajar
|
Belajar
adalah perubahan tingkah laku/ perilaku yang nampak dan dapat diamati.
|
Belajar
adalah perubahan persepsi dan pemahaman
|
Strategi belajar
|
Pelatihan dan pembiasaan
|
Pemahaman
|
Peran guru
|
· Berperan aktif dalam pembelajaran
karena yang menjadi instruktur. (kegiatan belajar berpusat pada guru)
· Guru harus dapat mengasosiasi
stimulus dan respon secara tepat
|
· Banyak memberikan rangsangan kepada peserta didik agar mau berinteraksi
dengan lingkungan secara aktif, mencari dan menemukan berbagai hal dari lingkungan.
|
Pembangunan Pengetahuan
|
·
Guru hanya memindahkan pengetahuan (transfer of
knowledge) ke siswa. Siswa diharapkan akan memiliki pemahaman yang sama
terhadap pengetahuan yang diajarkan. Artinya, apa yang dipahami oleh pengajar
atau guru itulah yang harus dipahami oleh murid.
|
· Guru membantu
peserta didik untuk menguasai prinsip-prinsip pokok dari materi yang
selanjutnya siswa
menggeneralisasikannya untuk dapat digunakan dalam menyelesaikan
masalah dalam situasi lain.
|
Karakteristik pelajar
|
Pasif ;menerima materi dan menjalankan
apa yang diperintahkan guru.
|
Aktif ;sumber pembelajaran tidak hanya
berasal dari guru melainkan siswa mencari sendiri sumber-sumber lainnya.
|
Suasana
|
Mengarahkan
pebelajar untuk berfikir linier, konvergen, tidak kreatif dan tidak produktif
karena terpaku pada aturan(kurikulum).
|
Siswa diberikan ruang gerak yang bebas untuk
berkreasi, bereksperimentasi dan mengembangkan kemampuannya sendiri.
|
Materi
|
Aktivitas
belajar lebih banyak didasarkan pada buku teks/buku wajib dengan penekanan
pada ketrampilan mengungkapkan kembali isi buku teks/buku wajib tersebut.
|
Materi yang diajarkan hendaknya
memiliki keterkaitan dengan situasi dan kondisi lingkungan kehidupan peserta
didik.
|
Pandangan tentang siswa
|
Tidak mengakui adanya kecerdasan, bakat, minat dan perasaan individu
dalam suatu belajar
|
Setiap individu sudah memiliki
kemampuan untuk belajar
|
Pengontrol
|
Reinforcement
dan Punishment
|
Pemuas(satisfier) dan
Pengganggu(annoyer)
|
Pendekatan
|
Pengkondisian
|
Pemahamn
|
Evaluasi
|
Evaluasi
hasil belajar menuntut jawaban yang benar. Maksudnya bila pebelajar menjawab
secara “benar” sesuai dengan keinginan guru, hal ini menunjukkan bahwa
pebelajar telah menyelesaikan tugas belajarnya dan biasanya evaluasi dilakukan
setelah selesai kegiatan pembelajaran.
|
Adanya peningkatan pemahaman ketika
sebelum pembelajaran dengan sesudah mengalami pembelajaran.
|
Kritik
|
Tidak
mampu menjelaskan proses belajar yang kompleks karena tidak semua proses
belajar dapat diamati.
|
Sukar diterapkan karena tidak mudah
memahami struktur kognitif manusia
|
tujuan
Blog ini kami buat dengan tujuan untuk mamberikan Informasi kepada seluruh warga BK yang ada di Indonesia.Dengan begitu ada pertukaran Informasi agar wawasan kita semakin meningkat,,
Rabu, 23 Mei 2012
PERBEDAAN PEMBELAJARAN BEHAVIOR DAN KOGNITIVE
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar