Watson
(Environmentalisme)
|
Guthrie
(Contiguitas)
|
Thorndike
(Connectionisme)
|
Skinner
(Operant Conditioning)
|
Hull
|
Pavlov
(Classical Conditioning)
|
· Orang lahir
dengan banyak gerak reflek yang terbatas.
· Frekuensi (frequency)
Yakni semakin sering kita
melakukan suatu respon terhadap stimulus tertentu , semakin cenderung kita
menjadikan respon tersebut sebagai stimulus lagi.
· Resensi(recency)
Yakni semakin terbaru atu terkini
kita melakukan respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita
melakukannya lagi.
|
· Kombinasi
stimuli yang mengiringi suatu gerakan bila diulangi akan cenderung untuk
diiringi oleh gerakan itu.
· Contiguity(kontiguitas)
Yaitu
gabungan stimulus-stimulus yang disertai suatu gerakan, pada waktu timbul
kembali cenderung akan diikuti oleh gerakan yang sama.
|
· The Law of Effect
kecenderungan untuk membuat respon bergantung pada konsekuensi respon tersebut, apabila itu memuaskan maka akan dilakukan berulang-ulang dan apabila mengecewakan akan dihentikan.
· The Law of Readiness
Kesiapan peserta didik dalam
melakukan kegiatan pembelajaran.
· The Law of Exercise
Hubungan antara Stimulus dengan Respons akan semakin bertambah erat jika
sering dilatih dan akan semakin berkurang apabila jarang atau tidak dilatih.
|
·
Yang paling penting dalam pembelajran adalah
penguatan (penguatan positif maupun negatif) bukan hukuman.
·
Perilaku respondent: ketika ada stimulus respon
terjadi secara otomatis. Pengutannya berupa stimulus tidak terkondisi.
·
Perilaku operant: perilaku yang dimunculkan individu
dalam kaitannya dengan lingkungan untuk menjaga berlangsungnya konsekuensi
tertentu. Penguatannya berupa imbalan.
|
Tujuan
belajar seharusnya dispesifikasikan dahulu sebelum proses belajar
|
a. Law of Respondent Conditioning yakni hukum
pembiasaan yang dituntut. Jika dua macam stimulus
dihadirkan secara simultan (yang salah satunya berfungsi sebagai
reinforcer), maka refleks dan stimulus
lainnya akan meningkat.
b. Law of Respondent Extinction yakni hukum pemusnahan yang dituntut.
Jika refleks yang sudah
diperkuat melalui Respondent conditioning itu didatangkan kembali tanpa
menghadirkan reinforcer, maka
kekuatannya akan menurun.
|
tujuan
Blog ini kami buat dengan tujuan untuk mamberikan Informasi kepada seluruh warga BK yang ada di Indonesia.Dengan begitu ada pertukaran Informasi agar wawasan kita semakin meningkat,,
Rabu, 23 Mei 2012
Prinsip-Prinsip Belajar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar