tujuan

Blog ini kami buat dengan tujuan untuk mamberikan Informasi kepada seluruh warga BK yang ada di Indonesia.Dengan begitu ada pertukaran Informasi agar wawasan kita semakin meningkat,,

Rabu, 23 Mei 2012

Prinsip-Prinsip Belajar


Watson
(Environmentalisme)
Guthrie
(Contiguitas)
Thorndike
(Connectionisme)
Skinner
(Operant Conditioning)

Hull
Pavlov
(Classical Conditioning)

·      Orang lahir dengan banyak gerak reflek yang terbatas.
·      Frekuensi (frequency)
Yakni semakin sering kita melakukan suatu respon terhadap stimulus tertentu , semakin cenderung kita menjadikan respon tersebut sebagai stimulus lagi.
·      Resensi(recency)
Yakni semakin terbaru atu terkini kita melakukan respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita melakukannya lagi.
·      Kombinasi stimuli yang mengiringi suatu gerakan bila diulangi akan cenderung untuk diiringi oleh gerakan itu.
·      Contiguity(kontiguitas) Yaitu gabungan stimulus-stimulus yang disertai suatu gerakan, pada waktu timbul kembali cenderung akan diikuti oleh gerakan yang sama.
·  The Law of Effect
kecenderungan untuk membuat respon bergantung pada konsekuensi respon tersebut, apabila itu memuaskan maka akan dilakukan berulang-ulang dan apabila mengecewakan akan dihentikan.
·  The Law of Readiness
Kesiapan peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

·  The Law of Exercise
Hubungan antara Stimulus dengan Respons akan semakin bertambah erat jika sering dilatih dan akan semakin berkurang apabila jarang atau tidak dilatih.







·      Yang paling penting dalam pembelajran adalah penguatan (penguatan positif maupun negatif) bukan hukuman.
·      Perilaku respondent: ketika ada stimulus respon terjadi secara otomatis. Pengutannya berupa stimulus tidak terkondisi.
·      Perilaku operant: perilaku yang dimunculkan individu dalam kaitannya dengan lingkungan untuk menjaga berlangsungnya konsekuensi tertentu. Penguatannya berupa imbalan.



Tujuan belajar seharusnya dispesifikasikan dahulu sebelum proses belajar
a. Law of Respondent Conditioning yakni hukum pembiasaan yang dituntut. Jika dua macam stimulus
dihadirkan secara simultan (yang salah satunya berfungsi sebagai reinforcer), maka refleks dan stimulus
lainnya akan meningkat.
b. Law of Respondent Extinction yakni hukum pemusnahan yang dituntut. Jika refleks yang sudah
diperkuat melalui Respondent conditioning itu didatangkan kembali tanpa menghadirkan reinforcer, maka
kekuatannya akan menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar