Bimbingan Karier
di SMP
Bimbingan
karir di SLTP merupakan proses bantuan yang dberikan oleh konselor sekolah
kepada siswa dalam rangka pemberian informasi karir dan pekerjaan sehingga
muncul kesadaran pada diri siswa untuk memilih pekerjaan sesuai dengan bakat,
minat dan kemampuan yang dimiliki.
Karakteristik
siswa di SLTP, adalah:
1. Siswa berusia antara 12/13 - 15/16 tahun.
2. Tugas-tugas pokok perkembangan yang harus dicapai
anak , yaitu:
a. mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karir.
b.mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk pendidikan lanjutan.
c. mengenal gambaran dan mengembangkan sikap pribadi yang mandiri.
d. mengarahkan diri pada peranan sosial sebagai pria atau sebagai wanita.
3. Perkembangan kemampuan berpikir anak sudah pada
tahap operasional formal, dimana anak sudah mulai berpikir secara abstrak,
namun masih perlu bantuan dengan contoh-contoh konkrit dalam kehidupan
sehari-hari.
4. Konsep belajar sudah mulai berkembang pada tahap
pemahaman, dimana setiap informasi/konsep atau peristiwa belajar dapat dicerna
oleh aspek kognitifnya sehingga mereka memperoleh pemahaman diri yang lebih
baik.
5. Berada pada tahap perkembangan remaja, sedang
mengalami masa pubertas dan mencari identitas diri.
Tujuan umum bimbingan karir di SMP/SLTP adalah
memberikan kesempatan pada siswa untuk melibatkan diri secara aktif dalam suatu
proses yang dapat mengungkapkan berbagai macam karir. Melalui proses tersebut
diharapkan siswa menyadari dirinya, kemampuannya, dan hubungan antara keduanya
dengan berbagai karir dalam masyarakat. Tujuan khusus bimbingan karir di SMP
adalah:
1. Memahami lebih tepat tentang keadaan dan kemampuan
diri para siswa.
2. Membina kesadaran terhadap nilai-nilai yang ada
pada diri pribadi siswa.
3. Mengenal berbagai jenis sekolah lanjutan tingkat
menegah atas (SMA/MA).
4. Mengenal berbagai jenis pekerjaan.
5. Memberi penghargaan yang obyektif dan sehat
terhadap dunia kerja.
Fungsi bimbingan karir di SMP, adalah:
1.
Memberikan arahan kepada siswa agar mempunyai wawasan
awal yang objektif tentang pendidikan lanjutan dan lapangan pekerjaan
2.
Memberikan bekal tambahan dalam melalui masa
peralihan yang sistematis dari status siswa menjadi anggota masyarakat yang
produktif.
3.
Memberikan kesempatan untuk mengenal serta membina
sikap, minat, dan nilai terhadap dunia kerja.
Ada lima materi pokok bimbingan karir di SMP/SLTP,
yaitu:
1)
Pengenalan konsep diri berkenaan dengan bakat dan
kecenderungan pilihan karir/jabatan serta arah pengembangan karir.
2)
Pengenalan bimbingan karir khususnya berkenaan dengan
pilihan pekerjaan.
3)
Orientasi dan informasi jabatan dan usaha untuk
memperoleh penghasilan.
4)
Pengenalan berbagai jenis lapangan pekerjaan yang
dapat dimasuki tamatan SMP.
5)
Orientasi dan informasi pendidikan menengah sesuai
dengan cita-cita melanjutkan pendidikan dan pengembangan karir.
Bimbingan karir di SMP merupakan kelanjutan dari bimbingan karir di SD,
melalui guru pembimbing siswa mendapatkan berbagai informasi tentang karir
sehingga dapat membina sikap dan apresiasinya terhadap jenis pendidikan, jenis
pekerjaan, dan menelusuri hubungan antara kerja dan waktu luang, memperluas
minat kerja, serta memberikan berbagai informasi tentang pekerjaan sehingga
memunculkan kesadaran siswa untuk menentukan pilihan pekerjaannya dimasa datang
sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar